Waspada! Wabah PMK Meluas ke 18 Provinsi

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 14 Juni 2022 - 07:26:00 WIB
Waspada! Wabah PMK Meluas ke 18 Provinsi
Kementan mengambil sejumlah langkah penanggulangan penyebaran PMK pada hewan ternak. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) melaporkan perkembangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang masih mewabah. Sampai dengan Senin (13/6/2022) penyakit menular yang menyerang hewan ternak berkaki belah ini telah menyebar di 18 provinsi dan 180 kabupaten.

Adapun rinciannya sebagai berikut, jumlah hewan sakit 150.630 ekor, jumlah hewan sembuh 39.887 ekor, jumlah hewan potong bersyarat 893 ekor, dan jumlah hewan mati 695 ekor.

Kepala Biro Humas Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri menyatakan Kementerian Pertanian telah mengeluarkan berbagai bentuk kebijakan dan aturan sebagai upaya pengendalian PMK. 

Di antaranya, pertama pembentukan gugus tugas penanganan PMK dari level Pusat atau nasional, provinsi dan kabupaten. Kedua, penataan melalui rentan produk hewan dan media pembawa penyakit lainnya di daerah wabah penyakit PMK.

"Kami juga melibatkan pemerintah daerah, TNI-POLRI serta jajarannya di dalam penanganan wabah PMK ini. Kami telah mengeluarkan prosedur pelaksanaan qurban dan pemotongan hewan dalam situasi wanah PMK," ujar Kuntoro dalam konferensi pers virtual, Senin (13/6/2022).


Selanjutnya, kata dia, Kementan telah memberikan peringatan untuk peningkatan kewaspadaan terhadap kejadian penyakit mulut dan kuku untuk para peternak di seluruh Indonesia.

Atas kondisi ini, Kuntoro menekankan yang menjadi fokus dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa Kementerian Pertanian telah menetapkan rencana aksi penanganan PMK yang terbagi menjadi tiga agenda. Yakni agenda SOS, temporary, dan agenda permanen.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: