Waspada, Banjir Mulai Terjadi, BNPB: Musim Hujan datang Lebih Awal

Binti Mufarida · Senin, 05 September 2022 - 19:31:00 WIB
Waspada, Banjir Mulai Terjadi, BNPB: Musim Hujan datang Lebih Awal
Warga diimbau waspada potensi banjir karena musim hujan datang lebih awal di sebagian zona. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat diminta untuk mulai waspada terhadap potensi banjir di sejumlah daerah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan, kewaspadaan terutama dari pemerintah daerah penting dilakukan karena musim hujan yang datang lebih awal.

Berdasarkan catatan BNPB, selama sepekan telah terjadi 25 kali kejadian banjir di wilayah Indonesia. “Awal musim hujan itu tidak terjadi seragam. Ada zona-zona musim yang sudah mulai dengan intensitas hujan cukup tinggi tetapi tentu saja di tempat lain masih dalam fase peralihan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (5/9/2022).

“Hampir seluruh wilayah Indonesia kecuali Papua, tapi Minggu lalu di Papua Barat banjir Sorong, tetapi untuk saat ini kita lihat dari Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi itu hampir merata terdampak banjir,” kata Aam sapaan akrabnya.

Aam mengatakan dilihat secara spasial wilayah Sulawesi bahkan seperti dikepung banjir. “Di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, banyak sekali dan terdistribusi merata di semua tempat. Di Sumatera kita lihat Aceh sampai ke Lampung, Kalimantan juga hampir merata," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: