Warga Sumsel Akan Didenda Jika Tak Pakai Masker, Dinkes: Pergub sedang Dibahas

Antara ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 16:52 WIB
Warga Sumsel Akan Didenda Jika Tak Pakai Masker, Dinkes: Pergub sedang Dibahas
Warga wajib mengenakan masker (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Warga Sumatera Selatan (Sumsel) diingatkan untuk selalu mengenakan masker jika sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Pasalnya, jika tak menggunakan masker maka akan terkena denda.

"Sekarang sedang dibahas peraturan gubernur mengenai denda terhadap mereka yang tidak menggunakan masker itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy di Palembang, Senin (3/8/2020).

Lesty menambahkan, saat ini Pemprov Sumsel menyiapkan peraturan gubernur tentang protokol kesehatan penanganan Covid-19 di tempat umum termasuk sanksi jika warga tidak menggunakan masker.

"Jadi mulai dari sekarang harus disiplin menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya menggunakan masker," kata dia.

Lesty mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dalam meningkatkan imun tubuh. Rutin berolahraga karena dengan tubuh yang kuat dan sehat dapat menghindari berbagai penyakit termasuk corona.

"Pentingnya menggunakan masker itu karena paparan Covid-19 masih menyebar sehingga perlu diantisipasi. Bahkan virus corona dapat menular melalui udara sehingga masker sangat penting digunakan," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pergub protokol kesehatan yang sedang disusun tersebut berisi aturan seperti menggunakan masker dan termasuk penerapan jaga jarak.

Jika melanggar pergub itu, kata Herman, maka diberlakukan sanksi berupa denda dan itu diperkirakan akan efektif dalam penerapan protokol kesehatan. Sosialisasi pergub itu akan dilaksanakan secara luas melalui media massa dan medsos serta dalam berbagai kesempatan yang baik.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto