Wacanakan Tes PCR Mobile, Begini Kata Gubernur Sumsel

Bambang Irawan ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 11:59 WIB
Wacanakan Tes PCR Mobile, Begini Kata Gubernur Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berencana akan melakukan tes menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) secara mobile. Rencana ini muncul karena pasien Covid-19 sudah tembus 1.000 kasus.

“Nanti bisa mobile, PCR mobile. Kita mau bawa ke mana. Tinggal masukin mobil,” kata Herman, Rabu (3/6/2020).

Herman menambahkan, meskipun baru wacana, tidak menutup kemungkinan tes dengan PCR dilakukan secara mobile. Terlebih jika ada peningkatan pasien postif Covid-19 yang tinggi di beberapa wilayah.

“Kita mau bawa ke mana, tergantung kebutuhan. Misalnya ada peningkatan yang tidak normal kita ke sana,” kata dia.

Herman melanjutkan, saat ini pihaknya baru bisa mendatangkan satu alat PCR. Pasalnya, harga alatnya sangat mahal yakni Rp3,8 miliar.

“Satu dulu, PCR mahal gak murah. Alat ini tidak guna kalau kita berikan ke lembaga yang tidak tepat. Ini buat Balai Laboratorium,” kata dia.

Untuk diketahui, Pemprov Sumsel memberikan bantuan kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang. Bantuan itu berupa PCR senilai Rp3,8 miliar.

Herman mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk keseriusan Pemprov Sumsel untuk menghadapi pandemi corona atau Covid-19.

Sementara itu, pasien positif corona atau Covid-19 di Sumsel tembus 1.000 jiwa setelah ada penambahan 24 jiwa. Hal ini diketahui berdasarkan laporan media harian Covid-19, Selasa (2/6/2020) pukul 12.00 WIB.

Pasien sembuh bertambah sembilan orang sehingga total 224 orang, sedangkan pasien meninggal dunia tetap 34 orang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto