Pendapatan Warga Sumsel Turun Drastis akibat Covid-19

Antara ยท Senin, 01 Juni 2020 - 17:32 WIB
Pendapatan Warga Sumsel Turun Drastis akibat Covid-19
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsih (tengah). (Antara/Dolly Rosana)

PALEMBANG, iNews.id - Pendapatan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami penurunan drastis selama bulan April 2020. Penurunan ini diduga karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel. Data tersebut diperoleh berdasarkan survei sosial demografi dampak Covid-19 yang dilakukan oleh BPS Sumsel dengan melibatkan 2.000 responden.

“Dalam survei tersebut, sekitar 59,27 persen responden mengaku pendapatannya menurun pada April 2020,” kata Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih di Palembang, Senin (1/6/2020).

Endang menambahkan, pendapatan masyarakat turun pada saat ada pandemi Covid-19, sementara pengeluaran pun meningkat. Peningkatan pengeluaran itu ditujukan untuk kebutuhan bahan makanan, makanan atau minuman jadi, kesehatan dan pulsa atau paket data.

“Yang paling signifikan adalah pengeluaran untuk kesehatan, seperti pembelian obat, vitamin, dan sanitasi,” kata dia.

Perubahan pengeluaran masyarakat tersebut, kata dia, akan berpengaruh terhadap sektor usaha yang berdampak langsung.

Dia mencontohkan, selama masa bekerja dari rumah dan belajar dari rumah berpengaruh terhadap peningkatan konsumsi pulsa dan paket data.

“Namun, pengeluaran untuk transportasi cenderung turun,” kata dia.

Untuk diketahui, pasien positif corona di Sumsel pada Senin (1/6/2020) bertambah 13 kasus. Jumlah pasien corona menjadi 995 jiwa. Pasien corona yang sembuh di Sumsel sebanyak 215 dan pasien meninggal dunia berjumlah 34 orang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto