Urai Macet, Dishub Akan Perluas Sistem Satu Arah di Jalanan Palembang

Antara ยท Senin, 06 Januari 2020 - 14:57 WIB
Urai Macet, Dishub Akan Perluas Sistem Satu Arah di Jalanan Palembang
Ilustrasi macet (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan memperluas penerapan lalu lintas satu arah. Penerapan ini diberlakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Palambang di jalur rawan terjadinya kemacetan arus lalu lintas.

Nantinya, Dishub akan dibantu oleh petugas Satlantas Polrestabes Palembang untuk melakukan rekayasa penerapan lalu lintas satu arah pada ruas Jalan Rudus Sekip Ujung akses ke Jalan Basuki Rahmad.

BACA JUGA: Awal 2020, Pemkot Palembang Terapkan Aturan Penggunaan Plastik

Beberapa jalan yang sudah menerapkan lalu lintas satu arah yakni Jalan Bukit Besar akses ke Kampus Unsri, dan Jalan Kampus POM IX akses ke mal Palembang Square dan Palembang Indah Mall (PIM). Jalur baru yang akan serga diterapkan yakni Jalan Rudus Palembang akses SMP Negeri 9, SMPN 10 dan SD Persit.

"Dua lokasi ini jika pada pagi hari jam masuk dan siang hari saat pulang sekolah sering mengalami kemacetan arus lalu lintas yang sangat parah," kata Petugas Dishub Palembang bernama Santo, Senin (6/1/2020).

Diharapkan, masyarakat Palembang dapat mendukung penerapan aturan lalu lintas dengan sistem satu arah demi terciptanya kelancaran dan kenyamanan dalam berlalu lintas.

BACA JUGA: Duh, Retribusi Parkir Palembang Tak Penuhi Target

Sementara salah seorang warga bernama Salman menyarangkan agar kebijakan penerapan lalu lintas satu arah di Jalan Rudus tidak diterapkan sepanjang hari, karena setelah kegiatan belajar di sekolah berakhir, pegerakan kendaraan di Jalan Rudus tergolong sepi.

"Satu arah diharapkan diterapkan pada saat jam sibuk atau padat kendaraan yakni pada pagi hari satu jam sebelum dan setelah jam masuk sekolah dan siang hari satu jam sebelum dan setelah jam pulang sekolah," kata Salman.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto