Awal 2020, Pemkot Palembang Terapkan Aturan Penggunaan Plastik

Antara ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 21:00 WIB
Awal 2020, Pemkot Palembang Terapkan Aturan Penggunaan Plastik
Sampah plastik (Dok/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menerapkan aturan baru untuk mengurangi penggunaan plastik. Larangan ini akan diberlakukan di lingkungan kantor dan dalam kegiatan seluruh jajaran hingga pelosok wilayah 18 kecamatan.

"Terhitung Januari 2020 ini, Surat Edaran No.48/SE/BAPPEDA LITBANG/2019 yang mengatur pengurangan penggunaan plastik mulai diterapkan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (3/1/2020).

Surat edaran Wali Kota Palembang, Harnojoyo itu mulai dijalankan di lingkungan Sekretariat Daerah Kota (Sekdako) setempat. Nantinya, kegiatan rapat, pelatihan, dan aktivitas pegawai di setiap ruangan kerja harus mulai mengurangi penggunaan plastik.

BACA JUGA: Duh, Retribusi Parkir Palembang Tak Penuhi Target

Melalui upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi sampah plastik yang selama ini menjadi masalah bagi lingkungan. Pasalnya, plastik mudah hancur dan dapat menyumbat aliran air sehingga menjadi penyebab banjir ketika hujan lebat turun.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Palembang, sedikitnya setiap hari ada 1.500 ton sampah yang dihasilkan oleh warga kota setempat dari sampah tersebut sebagian besar adalah plastik.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto