Terlalu! Ingin Main Saham, Pemuda di Palembang Curi Uang BLT Rp163,5 Juta

Firdaus ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 19:15 WIB
Terlalu! Ingin Main Saham, Pemuda di Palembang Curi Uang BLT Rp163,5 Juta
Nanda, pelaku pencurian dana BLT di Kalidoni, Palembang, Sumsel (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Jajaran Polsek Kalidoni menangkap pelaku pencurian uang dana bantuan langsung tunai (BLT). Pelaku mencuri uang di kantor Pos Sungai Buah, Sei Selayur, Kalidoni, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kapolsek Kalidoni, AKP Irene mengatakan, pelaku diketahui bernama Nanda (24) yang merupakan tenaga bantuan harian lepas di kantor pos setempat. Pelaku bisa masuk kantor pos lantaran kerap membantu orang tuanya yang bekerja di sana.

“Dari pengakuan pelaku, uang itu akan digunakan untuk bermain investasi saham secara online,” kata Irene, Kamis (18/6/2020).

Irene menambahkan, pelaku mengambil uang itu dari dalam ruangan kantor pos. Dia berhasil masuk menggunakan kunci sehingga tanpa merupak pintu atau jendela.

“Uang Rp163,5 juta itu diambil di salah satu ruangan, kemudian dia keluar dan menyimpan uangnya di dalam jok sepeda motor. Kemudian kabur,” kata dia.

Irene melanjutkan, perbuatan pelaku ini memang sungguh keterlaluan. Pasalnya, dana BLT itu harusnya dusalurkan kepada masyarakat tak mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

Pelaku Nanda, kata dia, selama ini bekerja sebagai videografer freelance. Namun bisnisnya sepi akibat Covid-19.

“Pelaku ini videografer freelance, tapi bisnisnya sepi akibat dampak Covid-19. Dia kemudian membantu ayahnya yang bekerja di kantor pos,” kata dia.

Sementara itu, Nanda berkilah jika dia akan meminjam uang itu untuk sementara waktu.

“Saya mau memakai uang itu sementara, rencananya saya kembalikan lagi,” kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 Kuhpidana tentang Tindak Pidana Pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto