Palembang Tak Perpanjang PSBB, Ini Gantinya

Dede Febriansyah ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 11:33:00 WIB
Palembang Tak Perpanjang PSBB, Ini Gantinya
Wali Kota Palembang Harnojoyo di Mall (Erwin Setiawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tidak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebagai gantinya, pemkot mengambil kebijakan penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes).

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, PSBB tidak diteruskan karena status pandemi Covid-19 di Palembang kini berada di zona oranye.

"Karenanya kita simpulkan untuk tidak melanjutkan PSBB namun lebih kepada penegakan disiplin protokol kesehatan," kata Harnojoyo, Kamis (18/6/2020).

Harnojoyo menambahkan, dari 15 indikator penilaian, Kota Palembang saat ini memiliki skor 1,9 dari sebelumnya berada di zona merah dengan nilai 1,8 saat PSBB tahap pertama.

"Selama penerapan ini tidak ada batasan waktu dan sanksi seperti saat PSBB dijalankan," kata dia.

Selama pelaksanaannya, kata Harnojoyo, Pemkot Palembang bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan berupaya memaksimalkan upaya edukasi ke masyarakat, sehingga dapat menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas.

"Jadi sifatnya humanis dan mengimbau masyarakat. Walau tanpa batas waktu, evaluasi tetap kita lakukan berkala," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan semua aturan pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan akan mengacu kepada aturan teknis dari Pemerintah Pusat.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: