Sedih, Hari Jadi ke-1.337 Kota Palembang Tanpa Perayaan karena Covid-19

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 15:35 WIB
Sedih, Hari Jadi ke-1.337 Kota Palembang Tanpa Perayaan karena Covid-19
Jembatan Ampera salah satu lokasi favorit di Palembang, Sumsel (Antara/Fenny Sely)

PALEMBANG, iNews.id - Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, hari jadi Kota Palembang ke-1.337 yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/6/2020) diperingati tanpa adanya perayaan besar. Hari jadi setiap tanggal 17 Juni terlihat biasa saja karena adanya pandemi Covid-19.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mempercepat penanganan Covid-19 karena baru saja menyelesaikan Pembatasan Sosial Berskala Besar tahap kedua yang berakhir 16 Juni 2020.

"Tahun ini tidak ada seremoni peringatan hari jadi yang ke-1.337, tapi kami mengajak mari kita bermuhasabah dengan apa yang telah sama-sama diperbuat dan dicapai," kata Harnojoyo.

Menurut dia, momen hari jadi tersebut harus dijadikan pemicu agar penyebaran Covid-19 segera terputus dan beragam kegiatan sosial, ekonomi serta budaya dapat kembali normal.

“Meski kondisi saat ini masih serba terbatas saya yakin pembangunan infrastruktur dan realisasi berbagai program tetap berjalan untuk menyokong pertumbuhan ekonomi tetap on target,” katanya.

Harnojo menambahkan, pertumbuhan ekonomi Kota Palembang pada sisa semester II 2020 diprediksi masih dapat tumbuh sampai 4,9 persen. Sebab pada triwulan II pertumbuhan ekonomi sudah melebihi 4 persen.

"Optimisme pertumbuhan ekonomi itu akan tercapai dengan peran serta masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, sehingga kegiatan produktif tetap berjalan namun keselamatan juga diutamakan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani mengatakan, perayaan hari jadi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia biasanya setiap tahun diisi dengan berbagai festival dan parade bidar hias di Sungai Musi yang menyedot puluhan ribu pengunjung.

"Tetapi tahun ini tidak ada kegiatan perayaan, acara-acara semua terpaksa batal, kalender kegiatan tidak terlaksana karena Covid-19 dan kondisi memang tidak memungkinkan," kata Isnaini.

Kota Palembang memasuki usia ke-1.337 tahun dihitung berdasarkan patokan pembentukan sebuah wanua dan ditafsirkan sebagai ibukota Kerajaan Sriwijaya. Pembentukan itu terjadi pada tanggal 16 Juni 683 Masehi atau tanggal 5 bulan Ashada tahun 605 Syaka pada prasasti Kedukan Bukit di kawasan Bukit Seguntang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto