Mudahkan Penumpang, Bandara di Palembang Buka Layanan Rapid Test Covid-19

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 12:26 WIB
Mudahkan Penumpang, Bandara di Palembang Buka Layanan Rapid Test Covid-19
Ilustrasi Rapid Test (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

PALEMBANG, iNews.id - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menyediakan layanan tes cepat atau rapid test Covid-19 untuk calon penumpang. Adanya layanan ini nantinya akan memudahkan calon penumpang yang ingin mendapat syarat penerbangan.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Internasional SMB II Palembang, Fahroji, mengatakan layanan tes dibuka bagi penumpang yang ingin melengkapi syarat penerbangan.

“Pelayananya sudah beroperasi di Sky Bridge LRT Sumsel menuju terminal keberangkatan,” kata Fahroji, Rabu (17/6/2020).

Fahroji menambahkan, sesuai Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 dari gugus tugas pusat, syarat untuk terbang harus mempunyai dokumen tes PCR negatif atau rapid dengan hasil non-reaktif.

Menurut dia, syarat penerbangan saat ini sudah lebih mudah dibandingkan sebelumnya, penumpang cukup membawa surat keterangan tes cepat atau uji usap (swab) dan dokumen identitas diri, tidak perlu lagi membawa surat tugas dari instansi terkait.

“Namun hasil tes PCR hanya berlaku tujuh hari dan tes cepat hanya berlaku tiga hari terhitung dari hasil keluar, jika saat di bandara hasil tes PCR atau rapid sudah keduluarsa maka penumpang tidak diizinkan terbang,” katanya.

Lebih lanjut Fahrozi mengatakan, singkatnya masa berlaku tes cepat kerap menjadi kendala bagi penumpang. Sehingga dengan adanya layanan tes cepat diharapkan membantu penumpang karena prosesnya cukup singkat.

"Dulu pemeriksaan dokumen mengharuskan penumpang datang empat jam sebelum terbang, tapi saat ini dua atau tiga jam sudah cukup termasuk kalau ingin tes cepat," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto