Tangani Karhutla, Pemprov Sumsel Siagakan Pompa hingga Helikopter Bom Air

Antara ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 14:39 WIB
Tangani Karhutla, Pemprov Sumsel Siagakan Pompa hingga Helikopter Bom Air
Ilustrasi helikopter BNPB (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan helikopter untuk tangani kebakaran lahan dan hutan (karhutla). Helikopter itu dilengkapi dengan bom air untuk memadamkan api.

"Pemerintah Provinsi Sumsel telah menyiapkan sarana dan perlengkapan lainnya dalam pencegahan karhutla, salah satunya kendaraan udara heli," kata Kepala BPBD Sumsel Iriansyah, Selasa (7/72020).

Iriansyah menambahkan, helikopter yang disiapkan antara lain untuk membawa bom air saat memadamkan titik panas. Kemudian ad helikopter untuk patroli memantau titik panas. Peralatan pemadaman api lainnya yang digunakan adalah pompa air.

“Peralatan perlengkapan pencegahan karhutla sebagian telah disebar ke lokasi rawan terutama di areal gambut,” katanya.

Iriansyah mengatakan, selain sarana helikopter, pihaknya juga menyiapkan kendaraaan operasional resque dan truk dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan terkait.

"Ada juga kendaraan pemadam minilog, dan kendaraan roda dua yang sudah dimodifikasi untuk pemadaman api. Selain itu juga ada mesin pompa yaitu pompa apung, pompa jinjing dan nozel serta peralatan karhutla lainnya," kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan pendanaan bagi daerah rawan karhutla.

Untuk diketahui, ada beberapa daerah yang dinyatakan rawan karhutla di Sumsel, di antaranya Ogan Komering Ilir (OKI) Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, dan Ogan Komering Ulu (OKU).


Editor : Nur Ichsan Yuniarto