Sumsel Tutupi Kekurangan Listrik Jambi dan Lampung

Antara · Rabu, 20 Januari 2021 - 12:48:00 WIB
Sumsel Tutupi Kekurangan Listrik Jambi dan Lampung
Ilustrasi pembangkit listrik. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id – Sumatra Selatan yang memiliki banyak pembangkit mengalami kelebihan atau surflus listrik hingga 450 megawatt di saat beban puncak. Kelebihan tersebut disalurkan untuk membantu defisit istrik di Jambi dan Lampung.

"Kelebihan energi listrik Sumsel disalurkan untuk membantu menerangi wilayah dua provinsi tetangga seperti Jambi dan Lampung yang saat ini masih kekurangan energi listrik," kata Manager Perencanaan PT PLN Unit Induk Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu (S2JB), Muhammad Syafdinnur di Palembang, Rabu (20/1/2021).

Pembangkit di Sumsel memiliki kapasitas terpasang 1.451 megawatt, sementara ketika beban puncak hanya terpakai 1.005 MW. Sedangkan di Jambi pembangkit listriknya hanya memiliki kapasitas daya terpasang 170 MW atau mengalami kekurangan karena saat beban puncak kebutuhan listrik mencapai 338 MW.

Kemudian di Lampung pembangkit listriknya hanya memiliki kapasitas daya terpasang 682 MW, sedangkan beban puncak kebutuhan listrik mencapai 827 MW.

Selain ke Jambi dan Lampung, kelebihan energi listrik sekitar 450 MW disalurkan ke provinsi lainnya yang berada dalam satu sistem interkoneksi kelistrikan Sumatra.

Editor : Berli Zulkanedi