Sumsel Siaga Banjir, BBWSS VIII Siapkan 700 Personel dan Aktifkan Posko

Dede Febriansyah ยท Jumat, 05 November 2021 - 07:29:00 WIB
Sumsel Siaga Banjir, BBWSS VIII Siapkan 700 Personel dan Aktifkan Posko
Sejumlah peralatan mulai dari alat berat untuk mengatasi tanah longsor hingga perahu karet untuk mengadapi banjir disiapkan menghadapi fenomena alam La Nina di Sumsel. (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII tengah siap siaga menghadapi ancaman banjir menyusul fenomena alam La Nina yang diprediksi BMKG akan terjadi pada akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022. Berdasarkan peringatan BMKG, sejumlah wilayah di Sumsel dinyatakan berstatus siaga.

Kepala BBWSS VIII, Maryadi Utama mengatakan, pengendalian dampak banjir sementara ini sudah dilakukan dengan maksimal melalui kerja sama dengan pemerintah daerah. Salah satu contohnya yakni penanganan banjir yang terjadi di Palembang beberapa hari lalu.

"Kami bersama Dinas PUPR Kota Palembang sudah berkeliling dan sekarang genangan di Palembang sudah surut semua. Ada beberapa titik yang kami inventarisir dan diupayakan untuk lebih cepat surutnya," ujar Maryadi, Kamis (4/11/2021).

Tidak hanya Kota Palembang, lanjut Maryadi, daerah lainnya di Sumsel seperti Musi Rawas dan Lahat juga menjadi daerah rawan banjir yang patut diwaspadai. Sebanyak 700 orang personel BBWSS yang tersebar di 17 kabupaten/kota pun disiagakan untuk melakukan penanganan bila terjadi bencana banjir.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: