Sopir Angkot di Palembang Minta Pemkot Berikan Kompensasi Jika Terapkan PSBB

Antara ยท Rabu, 22 April 2020 - 21:44:00 WIB
Sopir Angkot di Palembang Minta Pemkot Berikan Kompensasi Jika Terapkan PSBB
Angkot di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Ribuan sopir angkutan kota di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) meminta kompensasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Hal ini dilakukan karena Palembang akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mulai diberlakukan pada 24 April 2020.

Ketua Organda Palembang, Sunir Hadi mengatakan, permintaan para sopir tersebut akan disampaikan kepada Wali Kota Palembang, Harnojoyo sehingga ketika diberlakukan PSBB tidak membebani supir angkot atau pekerja informal itu.

Pasalnya, menurut Sunir, di dalam kondisi wabah corona beberapa bulan terakhir, berdampak terhadap penghasilan sopir angkot karena masyarakat membatasi aktivitas ke luar rumah.

"Jumlah penumpang saat pandemi Covid-19 menurun hingga 80 persen karena anak sekolah libur dan sebagian besar karyawan bekerja dari rumah," kaya Sunir, Rabu (22/4/2020).

Jika PSBB diberlakukan, kata Sunir, operasional angkot akan berhenti sementara sehingga akan semakin membebani ekonomi keluarga sopir angkutan umum itu.

Selain memperjuangkan kompensasi untuk sopir, pihaknya juga berupaya memikirkan nasib pemilik angkot yang kondisi sekarang ini kesulitan membayar cicilan kreditnya.

"Permasalahan yang dihadapi anggota Organda Palembang ini diharapkan mendapat perhatian dari pemerintah kota setempat sehingga tidak menimbulkan permasalahan sosial," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto