BNNP Sumsel Rehabilitasi 939 Pecandu Narkoba Sepanjang 2019

Antara ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 21:05 WIB
BNNP Sumsel Rehabilitasi 939 Pecandu Narkoba Sepanjang 2019
Badan Narkotika Nasional (BNN) (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Sepanjang tahun 2019, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan (Sumsel) telah merehabilitasi 939 pecandu. Hampir 1.000 pecandu narkoba itu berasal dari berbagai kota dan kabupaten wilayah Sumsel.

"Selama tahun 2019, BNNP Sumsel telah memfasilitasi rehabilitasi 447 orang pecandu narkoba dan BNN kabupaten/kota 492 pecandu," kata Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, Rabu (29/1/2020).

Jhon menambahkan, dari hampir 1.000 pecandu yang direhabilitasi, ada sekitar 83,3 persen pecandu yang pulih produktif.

"11,6 persen npulih tidak produktif, serta sisanya tidak pulih produktif dan tidak pulih tidak produktif," kata dia.

Pecandu narkoba tersebut difasilitasi rehabilitasinya di pusat rehabilitasi kecanduan narkoba di Bogor, Kalianda, dan Batam serta klinik BNNP Sumsel.

Menurut dia, pencandu narkoba atau masyarakat yang memiliki keluarga ketergantungan dengan obat terlarang itu diimbau untuk memanfaatkan program rehabilitasi dari BNN.

"Korban penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya yang ingin melepaskan diri dari ketergantungan narkoba bisa menghubungi petugas BNN di kabupaten dan kota terdekat," katanya.

Lebih lanjut Jhon mengatakan, orang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba merupakan korban dan orang sakit, sehingga perlu dibantu penyembuhannya.

"Jika ada pencandu narkoba atau keluarga yang kecanduan narkoba silakan datang ke BNN provinsi akan dilakukan rehabilitasi atau pengobatan secara gratis sesuai analisa dari dokter, konsultan dan psikolog," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto