Rumah Adat Palembang dan Fungsi Tiap Ruangannya

berli ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 14:57:00 WIB
Rumah Adat Palembang dan Fungsi Tiap Ruangannya
Rumah adat Palembang yang berbentuk limas sehingga disebut rumah limas. (Foto: Rumah Energi)

PALEMBANG, iNews.id - Rumah adat Palembang memiliki ciri khas yang unik dan bertingkat di dalamnya. Setiap tingkat memiliki filosofi dan fungsi sesuai tradisi dan adat masyarakat di kota yang dibelah Sungai Musi ini. 

Rumah adat Palembang atau disebut rumah limas karena bentuknya mirip limas berupa rumah panggung atau bertiang. Rumah limas memiliki lantai yang bertingkat sebanyak lima tingkat.

Rumah Limas dengan lantai bertingkat oleh masyarakat setempat disebut sebagai Bengkalis. Dikutip dari laman Indonesia.go.id, rumah limas memiliki luas 400 hingga 1000 meter per segi. Dengan ruangan yang sangat luas, rumah limas saat ini sering kali dipinjamkan pemilik rumah untuk digunakan sebagai tempat pesta pernikahan atau acara adat.

Hampir seluruh bagian dari rumah adat Palembang terbentuk dari kayu. Pemilihan kayu menyesuaikan dengan karakter kayu dan kepercayaan masyarakat di Sumatera Selatan. Uniknya, jenis kayu-kayu yang digunakan merupakan kayu unggulan dan dikabarkan hanya tumbuh subur di Sumsel. Selain itu, pendirian rumah adat Palembang dahulunya tanpa menggunakan paku, melainkan pasak, sehingga dapat dibongkar dan dipasang atau dirakit kembali.

Untuk bagian pondasi biasanya menggunakan kayu unglen, kayu yang berstruktur kuat dan tahan air. Sedangkan bagian kerangka rumah, digunakan kayu Seru. Kayu ini cukup langka dan sengaja tidak digunakan untuk bagian bawah rumah karena dalam kebudayaan masyarakat, kayu Seru dilarang untuk diinjak dan dilangkahi.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: