Puskesmas Diserang, Apkesmi Minta Panglima TNI-Kapolri Basmi KKB

Riezky Maulana · Sabtu, 25 September 2021 - 16:24:00 WIB
Puskesmas Diserang, Apkesmi Minta Panglima TNI-Kapolri Basmi KKB
Ketua Apkesmi Trisna Setiawan mengusulkan lokasi Puskesmas didirikan berdekatan dengan pos-pos keamanan TNI atau Polri untuk memberikan jaminan keselamatan nakes. (Foto: Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (Apkesmi) Trisna Setiawan menilai insiden penyerangan terhadap nakes di Puskesmas Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua merupakan tindakan yang tak memiliki perikemanusiaan. Apkesmi meminta kepada Presiden Joko Widodo melalui Panglima TNI dan Kapolri untuk membasmi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. 

"Apkesmi mengecam dan mengutuk keras tindakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas Kiwirok dan menyatakan tindakan itu adalah tindakan biadab yang tak berperikemanusiaan," ujar Trisna dalam deklarasi pernyataan sikap Apkesmi terhadap kasus Puskesmas Kiwirok Papua, Sabtu (25/9/2021).

Dia menyebut tindakan tersebut adalah bentuk pelanggaran HAM dan Hukum Internasional. Oleh karenanya, Trisna meminta Komnas HAM turun tangan untuk menyeret para pelaku ke pengadilan HAM.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: