Puluhan Pekerja Tambang Batu Bara di Muratara Keracunan Bakteri E-Coli

Era Neizma Wedya · Rabu, 21 September 2022 - 17:44:00 WIB
 Puluhan Pekerja Tambang Batu Bara di Muratara Keracunan Bakteri E-Coli
Puluhan pekerja perusahaan tambang di Muratara keracunan baketeri E-coli. (Foto: Era N)

MURATARA, iNews.id - Puluhan pekerja perusahaan tambang batu bara di Kecamatan Rawas Ilir, Musi Rawas Utara (Muratara) Sumsel yang dirawat diduga keracunan ternyata terinfeksi bakteri Escherichia Coli (E-coli). Hal ini diketahui dari hasil uni sampel minuman yang disediakan catering yang bekerja sama dengan perusahaan. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Muratara Tasman Majid mengatakan keracunan yang dialami para pekerja itu berasal dari penyebab biologis, bukan kimiawi. "Penyebabnya biologis, dari bakteri E-coli, semua pasiennya sekarang dari laporan yang kami terima sudah sehat semua," kata Tasman Majid, Rabu, (21/9/2022). 

Selain itu juga pihaknya telah meneliti sampel makanan, minuman, feses (kotoran manusia), serta muntah dari para pekerja yang mengalami keluhan dugaan keracunan.
Sampel makanan dan minuman diteliti di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Palembang. 

"Bakteri E-coli ditemukan dari sampel minumannya. Ada lima tempat catering yang kita ambil sampelnya semuanya positif E-coli. Kalau sampel feses dan muntahan dari unsur yang kita periksa semuanya negatif," kata Tasman. 

Ia menegaskan air minum yang dikonsumsi para pekerja dari catering di perusahaan tersebut bisa dipastikan tidak sehat karena dari sampel yang diteliti ternyata terkontaminasi bakteri E-coli. 

"Airnya tidak sehat, terlalu banyak bakterinya, ini tentu akan kami berikan pembinaan, ada kemungkinan airnya tidak dimasak dengan sempurna, karena kalau dimasak sempurna bakteri E-coli itu akan mati," ujar Tasman. 

Sementara itu, puluhan pekerja yang keracunan bakteri E-coli tersebut di bawah naungan PT Bintang Sukses Energi (BSE) yang merupakan subkontraktor dari PT Barasentosa Lestari (BSL). 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: