Polisi Padamkan Api di Lahan Sisa Panen Jagung yang Dibakar Warga OKU

Antara ยท Sabtu, 10 Oktober 2020 - 08:15:00 WIB
Polisi Padamkan Api di Lahan Sisa Panen Jagung yang Dibakar Warga OKU
Ilustrasi pemadaman Karhutla di OKU (Antara)

BATURAJA, iNews.id - Jajaran Polsek Lengkiti memadamkan dua titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kebakaran itu terjadi di Desa Karang Endah dan Lubuk Dalam.

"Dua titik api ini terpantau di satelit di Desa Karang Endah dan Lubuk Dalam, Kecamatan Lengkiti," kata Kapolsek Lengkiti, AKP Bastari, Sabtu (10/10/2020).

Bastari menambahkan, mendapat adanya laporan titik api tersebut, pihaknya terjun ke lapangan guna memadamkan api agar tidak menyebar luas yang dapat menyebabkan terjadinya karhutla yang semakin besar.

"Dua titik api tersebut berasal dari pembakaran sisa panen tanaman jagung yang dilakukan masyarakat setempat agar dapat ditanami kembali," kata Bastari.

Menurut keterangan warga, kata dia, lahan seluas satu hektare tersebut akan ditanami kembali tanaman jagung.

Hanya saja, apa yang dilakukan masyarakat dengan cara membakar lahan tersebut merupakan hal yang salah karena dapat menimbulkan terjadinya karhutla.

"Apapun alasannya membakar hutan dan lahan melanggar aturan. Padahal sosialisasi terkait larangan tersebut sudah gencar kami lakukan kepada masyarakat tapi tetap saja masih ada yang melanggarnya," kata dia.

Untuk memberikan efek jera, lanjutnya, pihaknya memberikan sanksi kepada pemilik lahan dengan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Pemilik lahan sudah membuat surat pernyataan," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto