Polda Sumsel Gelar Operasi Patuh Musi 2020

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 19:06 WIB
Polda Sumsel Gelar Operasi Patuh Musi 2020
Gelar pasukan di Mapolda Sumsel sebelum menjalankan Operasi Patuh Musi 2020 (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Operasi Patuh Musi 2020. Operasi yang digelar mulai pada 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020 ini untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Juni mengatakan, Operasi Patuh Musi Tahun 2020 ini memilih tema meningkatkan kesadaran, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Ini demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang kondusif serta pengamanan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah di tengah mewabahnya Covid-19," kata Juni, Kamis (23/7/2020).

Operasi Patuh Musi saat ini berbeda dengan operasi tahun-tahun sebelumnya, kata Juni, hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti merebaknya wabah Covid-19. Kemudian, pada saat operasi berlangsung umat Islam merayakan Idul Adha.

"Menghadapi kedua situasi tersebut, petugas yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Patuh Musi 2020 ini diminta menyesuaikan cara bertindak, target maupun sasaran," kata dia.

Juni melanjutkan, operasi ini dapat menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Pada Operasi Patuh Tahun 2019, kata dia, jumlah penindakan dengan tilang sangat berpengaruh terhadap penilaian keberhasilan operasi.

"Sedangkan Operasi Patuh pada tahun ini mengedepankan tindakan preemtif (pendekatan) sekitar 40 persen, preventif (pencegahan) 40 persen, dan tindakan represif (penindakan) dengan tilang hanya 20 persen," katanya.

Dalam melaksanakan tindakan represif harus selektif prioritas dengan mengutamakan penindakan terhadap tiga pelanggaran tematik, seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi mobil tidak memakai sabuk pengaman (safety belt), dan mengendarai kendaraan melawan arus.

Dia mengimbau petugas menjaga keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan berbuat negatif terhadap Polri, serta memegang teguh protokol kesehatan.

"Selalu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak fisik (phsycal distancing) antisipasi penularan Covid-19," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto