Pisahkan Pasien Terduga Corona, Pemprov Sumsel Jadikan Wisma Atlet Jakabaring ODP Center Covid-19

Bambang Irawan ยท Sabtu, 28 Maret 2020 - 10:56 WIB
Pisahkan Pasien Terduga Corona, Pemprov Sumsel Jadikan Wisma Atlet Jakabaring ODP Center Covid-19
Wisma Atlet Jakabaring disiapkan jadi tempat isolasi PDP Virus Corona (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadikan Wisma Atlet Jakabaring Sport City, Palembang sebagai pusat perawatan orang dalam pemantauan (ODP) virus corona atau Covid-19. Hal ini dilakukan agar Sumsel bisa mengendalikan penyebaran corona.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pengoperasian Wisma Atlet Jakabaring ini akan dilakukan mulai Senin (30/3/2020). Dipilihnya Jakabaring setelah pemprov mencari lokasi yang tepat untuk mengendalikan Covid-19.

"Tak menutup kemungkinan Wisma Atlet Jakabaring dijadikan tempat perawatan pasiem dalam pengawasan (PDP)" kata dia.

Lebih lanjut Herman mengatakan, Wisma Atlet Jakabaring memiliki sekitar 900 unit kamar dengan kapasitas 2.000 orang. Dia optimistis, dengan adanya fasilitas perawatan di Jakabaring ini maka ODP dan PDP bisa lebih dipantau. Serta bisa menekan penyebaran corona.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringati mengatakan, seluruh fasilitas milik Pemprov Sumsel bisa dimanfaatkan untuk penanganan pasien corona.

"Jadi dengan dipisahkanya ODP dan PDP maka tiak akan bercampur dengan pasien lainnya di rumah sakit," kata Anita.

Anita menambahkan, dengan dijadikan Wisma Atlet sebagai ODP center, makan proses screening awal bagi calon pasien lebih efektif.

"Nanti akan dicek apa cukup isolasi mandiri di rumah, apakah harus menjalani isolasi di ODP Center atau harus menjadi pasien yang akan dirujuk ke rumah sakit," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto