Pengguna Internet Meningkat, Indonesia Menuju Era Kedaulatan Digital

Raka Dwi Novianto ยท Jumat, 10 Juni 2022 - 15:59:00 WIB
Pengguna Internet Meningkat, Indonesia Menuju Era Kedaulatan Digital
Pengguna internet di Indonesia meningkat sejak pandemi Covid-19. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pengguna internet di Tanah Air meningkat signifikan pascapandemi Covid-19. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menyebut, saat ini Indonesia tengah menuju era kedaulatan digital

Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam acara “Indonesia Digital Outlook 2022,” yang digelar di Jakarta.

Johnny menyebut Indonesia kini memasuki era kedaulatan digital. "Transformasi digital ini bermanfaat untuk semua, benefit for all, kita memasuki era baru, era kedaulatan digital," ucapnya.

Johnny menyebut, pemerintah telah mengambil langkah-langkah pasti selaku regulator untuk memastikan konektivitas dengan baik agar fungsi infrastruktur digital dapat berjalan dengan baik.

"Infrastruktur kabel optik 360.000 kilometer di dasar laut. Kita masih menyambung titik yang belum terhubung, pemerintah akan menghubungkan kembali, masih ada 12.000 kilometer fiber optik yang harus digelar di darat dan di laut," katanya.

Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif. Mengatakan, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat fantastis. Sebelum pandemi angkanya hanya 175 juta, saat ini data terbaru sekitar 220 juta. “Efek pandemi ini sangat membawa dampak signifikan penggunaan internet di Indonesia," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: