Pemprov Sumsel Gelontorkan Rp37 Miliar untuk Antisipasi Karhutla

Antara ยท Jumat, 17 April 2020 - 18:42:00 WIB
Pemprov Sumsel Gelontorkan Rp37 Miliar untuk Antisipasi Karhutla
Ilustrasi kebakaran hutan (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Meski sedang fokus memberantas pandemi corona atau Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) tidak melepas perhatiannya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saat ini Pemprov Sumsel mengalokasikan anggaran Rp37 miliar untuk mengantisipasi karhutla.

"Dana tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp1,7 miliar. Kebijakan ini dilakukan Pemprov Sumsel untuk mengatasi karhutla agar tidak terulang kembali seperti di tahun-tahun sebelumnya," kata Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel Nasrun Umar, Jumat (17/4/2020).

Anggaran sebesar Rp37 miliar, kata Nasrun, akan diperuntukan bagi daerah di Sumsel yang rawan karhutla seperti Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin, Muara Enim, Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, Musirawas dan Musirawas Utara.

"Provinsi Sumsel merupakan salah satu daerah status rawan karhutla karena wilayahnya memiliki lahan gambut terluas kedua di Sumatera," kata dia.

Dalam kaitan antisipasi karhutla tahun 2020, Pemprov Sumsel telah membentuk tim terpadu pencegahan dan penanganan karhutla. Hal ini berdasarkan SK Gubernur yang diketuai langsung Sekda.

"Program tersebut adalah Pokja perencanaan, pokja deteksi dini, pokja bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat petani, pokja bidang sosialisasi, pokja evaluasi, pokja patroli dan pokja bidang monev," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: