Cegah Karhutla, Pengusaha Sawit Ingatkan Pemerintah Awasi Lahan Tak Bertuan

Antara ยท Kamis, 12 Maret 2020 - 15:07 WIB
Cegah Karhutla, Pengusaha Sawit Ingatkan Pemerintah Awasi Lahan Tak Bertuan
Ilustrasi kebakaran hutan (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta pemerintah mengawasi lahan tak bertuan. Bukan tanpa alasan, lahan yang tak punya pemilik itu diduga kerap menjadi titik asal muasal terjadinya kebakaran.

Ketua Gapki Sumsel, Alex Sugiarto mengatakan pengawasan tersebut dapat dilakukan dengan membagi kawasan yang rawan itu dalam beberapa zona.

"Kami melihat lahan tak bertuan ini yang sering menjadi masalah. Api bisa bermula dari sana, karena banyak faktor sehingga tak tertanggulangi dan masuk ke areal perkebunan milik perusahaan," kata Alex, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut Alex mengatakan, di kawasan rawan karhutla harus didirkan posko. Dengan menyiagakan unit sarana dan prasarana serta SDM untuk pemadaman kebakaran.

Bagi pengusaha sawit, kebakaran hutan dan lahan ini merupakan hal yang menakutkan karena menyebabkan kerugian secara finansial. Belum lagi, melanjutkan aturan hukum yang mengharuskan perusahaan bertanggung jawab penuh terhadap areal yang dikuasai.

"Namun, saat ini sudah clear bahwa jika api berasal dari luar perusahaan perkebunan, maka tidak bisa secara serta merta menjerat perusahaan. Penegakan hukum juga dilakukan secara berkeadilan," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto