Meski Ada 3 Pasien Positif, Kabupaten OKU Belum Jadi Zona Merah Corona

Sindonews.com, Era Neizma Wedya ยท Selasa, 07 April 2020 - 20:09 WIB
Meski Ada 3 Pasien Positif, Kabupaten OKU Belum Jadi Zona Merah Corona
Pasien positif korona (Foto: ilustrasi/AFP).

PALEMBANG, iNews.id - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) belum ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal ini ditegaskan langsung oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan (Sumsel) Yusri.

Menurutnya, meski sudah ada tiga kasus positif corona, Kabupaten OKU belum ditetapkan sebagai zona merah.

“Sampai saat ini OKU belum kami tetapkan sebagai zona merah penularan Covid-19 di Sumsel," kata Yusri, Selasa (7/4/2020).

Yusri menambahkan, saat ini memang ada tiga kasus positif dari pasien yang tercatat sebagai warga OKU. Ketiganyadiketahui masih memiliki hubungan keluarga. Mereka adalah pasien laki-laki dengan nomor kasus 03, dan dua lainnya wanita dengan nomor kasus 15 serta 16.

"Ketiga pasien itu memang tercatat sebagai warga Baturaja, OKU. Tapi selama ini diketahui tinggal atau menetap di Palembang," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, tim saat ini masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas kasus penularan ketiganya. Menurutnya, untuk pasien dengan nomor 03 itu diketahui kasus impor.

Sementara, pasien 15 masih diduga tertular Covid-19 secara lokal dari pasien 03. Hal itu karena pasien yang bersangkutan ini memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit yang sama dengan pasien 03, yakni Jakarta dan Bogor.

Pasien nomor 16 merupakan kasus penularan lokal karena pernah kontak langsung dengan pasien 03, dan tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah.

"Akan tetapi, penularan itu belum dapat dipastikan di OKU karena mereka tinggal di Palembang. Ya, bisa jadi penularan itu justru terjadi saat di Palembang, walaupun berdasarkan identitas mereka tercatat sebagai warga OKU," kata Yusri.

Hal inilah yang masih diperiksa lebih lanjut oleh Tim Gugus Tugas, sehingga memutuskan untuk belum menetapkan OKU sebagai zona merah penularan Covid-19 di Sumsel.

"Artinya belum ada kepastian mengenai penularan Covid-19 secara transmisi lokal di OKU. Bahkan dugaannya penularan itu justru terjadi di Palembang," kata Yusri.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto