Mengaku Polisi Narkoba, Begal Bersenjata Api di Palembang Ditembak

Firdaus ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 11:00:00 WIB
Mengaku Polisi Narkoba, Begal Bersenjata Api di Palembang Ditembak
Pelaku begal ditembak karena melawan saat ditangkap. (Foto: Firdaus)

PALEMBANG, iNews.id - Satu dari empat pelaku begal diringkus Satreskrim Polsek Ilir Timur II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Komplotan ini bersenjata api dan biasa menggunakan modus memepet korban sambil mengaku sebagai polisi. 

Pelaku, Anarki alias KI, warga Jalan Segaran, 9 Ilir, Ilir Timur III ini juga ditembak pada bagian kaki karena melawan saat hendak diringkus polisi. Polisi masih mengejar tiga pelaku lain termasuk otak dari komplotan ini. 

Polisi menyebut, komplotan ini biasa keliling mencari korban sekitar pukul 05.00 WIB. Korban yang diincar korban termasuk warga yang baru pulang dari berbelanja sayur di pasar pagi.

"Mengendarai dua sepeda motor, keempat pelaku memepet korban sambil mengaki sebagai anggota polisi. Mereka menyebutkan korban membawa narkoba. Saat korban menghentikan sepeda motornya, dua pelaku turun dan mengancam akan menembak korban. Akibatnya korban ketakutan dan berlari meninggalkan sepeda motor," ujar, Kapolsek Ilir Timur II Paembang, Kompol Yuliansyah. 

Pelaku mengaku sepeda motor yang dirampas telah digadaikan sebesar Rp800.000. Uang tersebut masih dipegang pelaku lain yang belum tertangkap. "Pelaku yang ditangkap ini mengaku belum dapat bagian," katanya.

Pelaku yang ditangkap ini memiliki peran atau tugas mengawasi situasi sekitar. Sementara yang merampas sepeda motor dan mengancam korban adalah pelaku lain yang masih dikejar. "Pelaku lain sudah diketahui identitasnya. Sebaiknya menyerahkan diri karena tetap akan ditangkap," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku Anarki dijerat pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman di atas tujuh tahun penjara. 

Editor : Berli Zulkanedi