Masuk Pertama Sekolah, Orang Tua di Prabumulih Khawatir Anak Terpapar Covid-19

Berrie Brima ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 13:05:00 WIB
Masuk Pertama Sekolah, Orang Tua di Prabumulih Khawatir Anak Terpapar Covid-19
Pelajar masuk sekolah pertama di tahun ajaran baru 2020/2021 (Sindonews)

PRABUMULIH, iNews.id - Hari pertama masuk ke sekolah di tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai. Beberapa sekolah di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) mewajibkan siswanya untuk masuk di hari pertama.

Hal ini dilakukan agar para siswa baru dan orang tuanya mendapatkan pemaparan dari pihak sekolah ketika menjalani proses belajar mengajar lewat online.

Salah seorang orang tua siswa, Fauzah mengaku khawatir jika anaknya harus berangkat dan masuk sekolah. Pasalnya, hingga saat ini Sumsel belum bebas dari pandemi Covid-19.

"Saya masih khawatir dengan anak saya jika harus masuk sekolah," kata Fauzah, Selasa (14/7/2020).

Meski begitu, anaknya yang baru masuk tingkat Madrasah di Prabumulih ini tetap mengenakan masker.

"Saya bawakan masker dan handsanitizer," kata dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah MTs Prabumulih Muhammad Amin mengatakan, orang tua dan siswa tidak perlu cemas. Sekolahnya sudah menyiapkan segala sesuatu untuk menekan penyebaran Covid-19 di sekolahnya.

"Pihak sekolah mewajibkan siswa untuk patuhi protokol kesehatan. Mulai menggunakan masker, menjaga jaga jarak serta aktifitas tatam muka serta suhu tubuh siswa dicek sebelum masuk ke sekolah," kata Amin.

Amin melanjutkan, kehadiran para siswa baru di sekolah hanya dilakukan sekali. Selanjutkan, pembelajaran akan dilakukan dengan sistem online. Hal ini dilakukan agar tidak muncul klaster baru di sekolahan.

"Sampai menunggu kebijakan pemerintah kapan diizinkan sekolah dengan tatap muka," kata dia.

Sebelumnya, Pemkot Prabumulih telah memanggil seluru kepala sekolah untuk menyiapkan peralatan kesehatan untuk memulai proses belajar mengajar di sekolah.

Namun, Gubernur Sumsel Herman Deru memerintahkan agar seluruh sekolahan di Sumsel tidak melakukan belajar tatap muka di sekolah.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: