Masker di OKU Makin Langka, Diduga Ada Sindikat yang Borong dan Jual ke Luar Negeri

Widori Agustino ยท Jumat, 06 Maret 2020 - 07:23 WIB
Masker di OKU Makin Langka, Diduga Ada Sindikat yang Borong dan Jual ke Luar Negeri
Ilustrasi masker. (Foto: Istimewa)

OGAN KOMERING ULU, iNews.id – Merebaknya virus korona mengakibatkan masker di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) kini susah didapat. Diduga ada sindikat yang sengaja memborong masker untuk dijual ke luar negeri dengan harga tinggi.

Kekosongan masker di beberapa toko alat kesehatan, apotek dan minimarket di OKU ini sudah terjadi sejak bulan lalu. Kondisi kelangkaan masker makin parah dalam sepekan terakhir.

Menurut salah satu distributor alat kesehatan Elang Medika di Kota Baturaja, Ridwan, kelangkaan ini diduga akibat aksi borong masker dalam jumlah besar yang dilakukan sindikat untuk dikirim keluar negeri.

“Awalnya saya tak berpikir macam-macam saat ada yang membeli masker. Namun lantaran pembelinya berbondong, saya pun curiga,” katanya, Kamis (6/23/2020).

Kecurigaannya makin kuat manakala info yang dia dengar, banyak oknum yang ingin beli dalam jumlah dus-dusan untuk dijual ke luar negeri dengan harga berlipat-lipat.

“Orangnya datang bergerombol, ada yang saling kenal ada yang tidak, tapi di ujung jalan sana, ditunggu orang dengan mobil. Jadi masker hasil pembelian itu disetor ke orang itu. Mungkin itu mau di kirim ke luar negeri,” katanya.

Kelangkaan masker di minimarket juga dibenarkan salah satu karyawan di kawasan Sukaraya, Baturaja, Cahyadi. Menurutnya ketiadaan stok masker di toko ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

“Sudah habis dalam seminggu terakhir ini,” katanya.

Bukan hanya masker yang langka, gel pembersih tangan atau hand sanitizer guna menjaga kebersihan pun juga mulai habis di minimarket.


Editor : Umaya Khusniah