Masa New Normal, Ketua RT di Sumsel Harus Berperan Tangkal Covid-19

Antara ยท Minggu, 05 Juli 2020 - 12:55 WIB
Masa New Normal, Ketua RT di Sumsel Harus Berperan Tangkal Covid-19
Penerapan protokol kesehatan di tingkat lingkungan warga. (Foto: Antara).

PALEMBANG, iNews.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan (Sumsel) menyambut baik adanya kampung-kampung penangkal virus corona. Komunitas warga tersebut malah harus diperbanyak di masa new normal.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan, keberadaan kampung-kampung ini dapat mencegah penularan virus corona semakin meluas. Dengan begitu kasus pasien positif dapat ditekan.

"Kampung-kampung tangkal Covid-19 perlu diperbanyak agar pengawasan dan koordinasi pencegahannya bisa lebih efektif sampai unit pimpinan terkecil yaitu ketua RT," kata Yusri saat dikonfirmasi, Minggu (5/7/2020).

Menurut dia, pada masa new normal potensi kasus terus bertambah cukup tinggi. Karena itu perlu ada tim yang bisa mengawasi warga hingga di lingkungan mereka masing-masing.

Ketua RT harus memaksimalkan peranannya dalam membina warga. Upayanya mulai dari memastikan masyarakat menjalani protokol kesehatan hingga pengawasan kasus yang menjalani isolasi mandiri.

"Masyarakat juga perlu memandang disiplin protokol kesehatan sebagai upaya membantu negara untuk keluar dari krisis pandemi, silakan saja beraktivitas tapi tetap patuhi protokol," ujar dia.

Berdasarkan laporan media harian Covid-19 Nasional, Sabtu (4/7/2020), pasien Covid-19 di Sumsel bertambah 49 orang. Adanya penambahan ini, total ada 2.205 pasien positif di daerah tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal