Lantik Pengurus KONI dan Perbakin Lahat, Herman Deru Minta Prioritaskan Atlet Daerah

Bambang Irawan · Kamis, 22 Oktober 2020 - 04:02:00 WIB
Lantik Pengurus KONI dan Perbakin Lahat, Herman Deru Minta Prioritaskan Atlet Daerah
Gubernur Sumsel Herman Deru saat melantik pengurus KONI dan Perbakin Lahat. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

LAHAT, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melantik pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Lahat Masa Bakti 2020-2024. Pelantikan berlangsung di GOR Bukit Telunjuk Lahat, Rabu (21/10/20).

Kepada pengurus KONI dan Perbakin yang baru dilantik, Herman Deru minta mereka agar tidak disorientasi. Untuk KONI misalnya, dia meminta pengurus betul-betul berorientasi pada prestasi olahraga. Namun demikian, itu semua harus dibangun dengan keaslian pemain daerah, bukan sebaliknya bangga menggunakan atlet dari luar demi menorehkan prestasi.

"Sejak menjadi bupati ini yang selalu saya tekankan. Jangan pernah bangga dengan memakai atlet daerah lain. Karena ini ajang kita menempa prestasi," ujar HD yang juga menjabat Ketua Pengprov Perbakin Sumsel.

Begitu juga untuk pengurus Perbakin Lahat yang baru dilantik, jangan hanya bangga karena sudah dikukuhkan. Dia berharap pengurus segera melakukan pembinaan dan fungsi edukasinya kepada para pelajar maupun masyarakat.

"Makanya saya pesankan pada bupati, pelajaran mengenai olahraga menembak ini bisa dikenalkan ke sekolah-sekolah. Silahkan kenalkan tentang menembak mulai dari aturan hukum sampai teknisnya," katanya.

Gubernur juga menghargai komitmen Kabupaten Lahat membesarkan olahraga menembak. Terutama dalam penyediaan sarana pembinaan dan edukasinya karena dilakukan langsung Bupatinya Cik Ujang yang juga Ketua Perbakin Lahat.

"Tapi tetap tugasnya tidak sederhana karena dalam hal pemenuhan kebutuhan senjata memang kadang sulit dibendung. Di sinilah peran pengurus, KONI dan polisi untuk melakukan pembinaan," ucapnya.

Sebagai Ketua Umum Perbakin, HD berharap sambil memberantas keberadaan senjata ilegal bersama polisi, pengurus Perbakin Lahat juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Bukan hanya dikenal dengan imagenya sebagai olahraga mahal, tapi pengurus juga harus mengenalkan menembak merupakan olahraga yang produktif.

Selain sosialisasi dan edukasi, HD mengimbau agar pengurus juga mulai segera meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait dalam hal penyediaan lapangan tembak. Misalnya bekerja sama dengan TNI dan Batalyon setempat sehingga prestasi tidak terhambat karena alasan minimnya ketersediaan lapangan. 

Di hadapan ratusan pengurus KONI dan Perbakin Lahat, HD juga tak lupa mengingatkan agar mereka ikut berkontribusi karena sebentar lagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia ingin penyelenggaraan ini digaungkan hingga ke pelosok desa di Kabupaten Lahat.

Sementara itu, Ketua KONI Sumsel H Hendri Zainuddin mengatakan, kepada pengurus KONI Lahat yang baru dilantik agar dapat bersinergi dengan Bupati Kabupaten Lahat. Dia berharap dengan sinergitas itu, Lahat semakin berprestasi di ajang Porprov tahun depan di OKU Raya.

"Selain meningkatkan prestasi, dengan sinergi itu tentu diharapkan Lahat bisa menjadi tuan rumah Porprov 2023 mendatang," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Lahat yang juga Ketua Perbakin Cik Ujang mengungkapkan sangat senang karena pengurus KONI dan Perbakin Lahat telah dilantik Gubernur Sumsel Herman Deru.

Dia pun memohon dukungan dan doa agar pengurus KONI dan Perbakin Lahat dapat menjalankan tugas dengan lancar. Selain itu menjadikan Lahat sebagai Kabupaten terdepan di Sumsel.

"Semoga KONI dan Perbakin dapat mempersiapkan Lahat mengikuti Porprov 2021 di OKU Raya. Jangan sampai mempermalukan Lahat kalau bisa kita juara umum sehingga layak dipilih menjadi tuan rumah Porprov selanjutnya," ujarnya.

Cik Ujang juga sangat berterima kasih atas bantuan pembangunan infrastruktur yang sudah diberikan pemprov senilai lebih dari Rp33 miliar. 

Diketahui, dalam pelantikan pengurus Perbakin Lahat ditandai dengan pembacaan SK Perbakin Provinsi tentang pengukuhan pengurus. Dilanjutkan dengan pembacaan janji prasetia dan pelantikan. Kemudian penandatanganan naskah berita acara pelantikan dan penyerahan bendera pataka.


Editor : Donald Karouw