Korupsi Perjalanan Dinas, Mantan Direktur PDAM Prabumulih Dijebloskan ke Penjara

Berrie Brima ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 21:03 WIB
Korupsi Perjalanan Dinas, Mantan Direktur PDAM Prabumulih Dijebloskan ke Penjara
Mantan Direktur PDAM Iskandar dengan mengenakan rompi oranye dan tangan terborgol saat akan dibawa ke Lapas Kelas IA Pakjo Palembang. (foto: iNews/ Berrie Brima)

PRABUMULIH, iNews.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menahan mantan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Iskandar atas kasus dugaan korupsi perjalanan dinas. Tersangka dijebloskan ke penjara atas perbuatannya yang telah mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp266 juta.

Pantauan iNews, Iskandar tampak mengenakan rompi oranye dengan tangan terborgol saat keluar Kantor Kejari Prabumulih, Kamis (5/12/2019). Tersangka digiring tim satuan tindak pidana khusus (Pidus) menuju mobil tahanan untuk di bawah ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IA Pakjo Palembang.

Kasi Pidsus Kejari Prabumulih Wan Susilo Hadi mengatakan, proses pemeriksaan kasus dugaan korupsi PDAM Prabumulih ini telah dilakukan sejak akhir 2018. Penyelidikan melibatkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menentukan nilai kerugian negara.

BACA JUGA: Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Pegasing dan Bendahara Ditahan Kejari Aceh Tengah

“Jadi tadi kami sudah gelar perkara dengan penyidik. Hasilnya kami lakukan penahanan. Dalam kasus perjalanan dinas ini, nilai kerugian yang sudah dihitung mencapai Rp266 juta,” ujar Wan Susilo, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, sejauh ini kejari baru menetapkan satu tersangka dalam kasus tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka dalam perkara ini bisa bertambah.

Adapun modus tersangka yakni dengan cara memanipulasi laporan perjalanan dinas dari tahun 2016 hingga awal 2018. Dalam perkara ini, tersangka diancam dengan hukuman lima tahun penjara.


Editor : Donald Karouw