Keunggulan Desa Wisata Tebat Lereh Pagar Alam yang Dikunjungi Sandiaga Uno

Yuddy Faifman · Selasa, 13 September 2022 - 23:19:00 WIB
Keunggulan Desa Wisata Tebat Lereh Pagar Alam yang Dikunjungi Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Tebat Lereh Pagar Alam, Selasa (13/9/2022). (Foto: Ist)

PAGAR ALAM, iNews.id - Air Terjun Cughup Napal Kuning dan Rumah Baghi Suku Besemah merupakan dua di antara potensi wisata unggulan di Desa Tebat Lereh Meringang, Dempo Selatan, Sumsel. Tebat Lereh merupakan desa wisata yang berhasil masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan datang mengunjungi Desa Tebat Lereh pada Selasa (13/9/2022).

Desa Tebat Lereh masuk daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022 setelah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori. Yakni daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), homestay, toilet umum, digital dan kreatif, cleanliness, health Safety and Environment Sustainability (CHSE), dan kelembagaan desa. Desa wisata ini nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf.

ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf untuk kedua kalinya. Tema tahun ini adalah Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Menparekraf sempat mendengarkan presentasi dari pengelola desa wisata dan mengunjungi Pasar Seni. Di sana, Mas Menteri menyaksikan penampilan Tari Kuntau yang dibawakan oleh enam orang anak-anak. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: