Ketua KPK kepada Kepala Daerah di Sumsel: Jangan Persulit Perizinan

iNews.id ยท Jumat, 16 April 2021 - 09:51:00 WIB
Ketua KPK kepada Kepala Daerah di Sumsel: Jangan Persulit Perizinan
Ketua KPK Firli Bahuri berbicara di depan 17 bupati dan wali kota se Sumsel di Palembang, Kamis (15/4/2021). (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan kepala daerah seperti gubernur, bupati dan wali kota merupakan garda terdepan dalam pencegahan praktik korupsi di daerah. Apalagi fakta empiris, tindakan korupsi yang sering terjadi terkait dengan perizinan. 

Untuk itu, sambung mantan Kapolda Sumsel, KPK terus mengikuti bagaimana pelaksanaan pusat pelayanan terpadu yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dengan menerapkan pelayanan sistem elektronik. “Dengan palayanan secara elektronik hubungan secara fisik antara pemohon izin dan pemberi izin dapat dihindari, itu cara kita untuk melakukan pencegahan korupsi. Adapun garda terdepan dalam pencegahan praktik korupsi di daerah ada pada  gubernur, bupati dan wali kota,” ujar Firli dalam audiensi Ketua KPK dengan bupati/wali kota se-Sumsel di Palembang, Kamis (15/4/2021).

Dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, kata Firli, KPK melakukan pendekatan dengan mengajak seluruh masyarakat, stakeholder, para politisi, para penyelenggara negara agar sadar akan bahaya korupsi yang akan menghambat tujuan nasional.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2