Kemenag Harus Bisa Lindungi Seluruh Pemeluk Agama di Indonesia

Antara ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 16:33 WIB
Kemenag Harus Bisa Lindungi Seluruh Pemeluk Agama di Indonesia
Gubernur Sumsel Herman Deru di peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama di Palembang, Sumsel, Jumat (3/1/2020) (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Jajaran Kementerian Agama (Kemenag) diharapkan semakin memperkuat kerukunan antarumat beragama. Hal ini diungkapkan Menteri Agama Fachrul Razi yang disampaikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama di Palembang, Sumsel, Jumat (3/1/2020).

Menurutnya, kerukunan umat beragama menjadi salah satu modal untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Tak hanya itu, Kemenag ada untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama di Indonesia. Untuk itu, seluruh jajaran harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kemenag secara kontekstual di tengah masyarakat.

"Ada enam hal yang harus diperhatikan jajaran Kementerian Agama. Pertama memahami sejarah Kemenag serta regulasi, tugas dan fungsi dalam konteks relasi agama dan negara," kata dia.

Selanjutnya yang kedua, jajaran Kemenag harus bisa menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja di tengah arus kehidupan yang serba materialistis serta selaraskan antara kata dan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan. Ketiga, menanamkan selalu bahwa bekerja sebagai ibadah dan melayani masyarakat sebuah kemuliaan.

Sementara keempat memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan segenap elemen masyarakat.

"Kelima, Kemenag harus merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan, dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang memperhatikan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan," paparnya.

Terakhir, yang keenam, Kemenag harus bisa implementasikan visi dan misi pemerintah dalam program kerja Kemenag.

"Segenap aparatur Kemenag untuk memberikan seluruh kemampuan untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kemenag," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto