Karhutla Sumsel: 91 Hektare Lahan di Ogan Ilir Hangus Terbakar

Fitriadi ยท Kamis, 03 September 2020 - 10:29 WIB
Karhutla Sumsel: 91 Hektare Lahan di Ogan Ilir Hangus Terbakar
Kebakaran hutan dan lahan di Ogan Ilir, Sumsel (Fitriadi/iNews)

OGAN ILIR, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mencapai 91 hektare. Dari pantauan yang dilakukan, ada 38 titik api di wilayah tersebut.

"Dari data yang masuk ke BPBD tercatat sudah 91 hektare lahan yang sudah terbakar sementara untuk titik api mencapai 38 titik. Kebakaran itu terjadi di wilayah Kecamatan Inderalaya Utara dan Kecamatan Pemulutan," kata Kabid PK BPBD Ogan Ilir, Rully, Kamis (3/9/2020).

Rully menambahkan, kebakaran di dua kecamatan itu pernah menghanguskan 20 hektare lahan dalam kurun waktu dua hari. Hal ini disebabkan sulitnya menjangkau lokasi titik api.

"Sulitnya menjangkau medan lokasi kebakaran dan juga sumber air menjadi salah satu kendala dalam memadamkan api di lapangan," kata dia.

Apalagi, kata dia, lahan yang terbakar di atas lahan gambut yang dalam menjadikan api sangat sulit dipadamkan. Jika tidak benar-benar padam, otomatis api tersebut akan kembali menyala dan merambat ke lahan lainnya.

"Pemadaman dari udara juga dikerahkan dengan bantuan pesawat dan heli water bombing, agar api cepat padam dengan maksimal," katanya.

Lebih lanjut Rully mengatakan, saat ini tim gabungan sudah mendirikan posko-posko karhutla. Posko ini telah disiagakan semaksimal mungkin untuk menanggulangi kebakaran lahan yang terjadi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto