53 Hektare Lahan di Banyuasin dan Ogan Ilir Hangus Terbakar dalam 3 Hari

Sindonews, Dede Febriansyah ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 13:59:00 WIB
53 Hektare Lahan di Banyuasin dan Ogan Ilir Hangus Terbakar dalam 3 Hari
Satgas Darat dan Udara bersama BPBD Provinsi Sumsel memadamkan karhutla, Kamis (27/8/2020). (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda kawasan Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Hingga kini, sedikitnya sudah 53 hektare (ha) lahan yang hangus dilalap api.

Satgas Darat dan Udara bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel masih terus berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi sejak tiga hari lalu di lima lokasi berbeda. Dua kejadian di Kabupaten Ogan Ilir dan tiga lokasi lainnya di Kabupaten Banyuasin.

"Tim Satgas masih terus berupaya memadamkan api, baik lewat darat maupun udara. Hingga kini baru lebih dari 10 hektare yang sudah dipadamkan," kata Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, Kamis (27/8/2020).

Ansori mengatakakan, yang terbakar merupakan lahan mineral dan gambut. Namun yang ditangani bukan lahan gambut dalam yang biasa sehingga sulit dipadamkan jika sudah terbakar.

"Sampai sekarang api ada yang sudah padam. Namun helikopter water bombing belum tuntas dan tim darat juga sulit untuk sampai dalam lokasi," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BPBD menyebutkan, wilayah yang terbakar merupakan Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir dengan luas lahan terbakar 2 ha. Di Banyuasin, karhutla di Desa Setia Harapan yang menjadi wilayah terluas terbakar hingga 20,8 ha.

Wilayah lainnya yang terbakar, yakni Desa Tebing Abang, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin seluas 4 ha. Desa Banyu Urip, Kecamatan Tanjung Lago Banyuasin, terbakar sekitar 18,2 ha. Kemudian Desa Rambutan di Kecamatan Rambutan Banyuasin seluas 8 ha.


Editor : Maria Christina