Kabupaten Musi Banyuasin Keluarkan Edaran Deteksi Dini Virus Korona

Antara ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 14:30:00 WIB
Kabupaten Musi Banyuasin Keluarkan Edaran Deteksi Dini Virus Korona
Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex. (Foto: Antara).

SEKAYU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menerbitkan surat edaran deteksi dini potensi penyebaran virus korona di daerah tersebut. Harus ada langkah antisipasi agar COVID-19 tidak mewabah di sana.

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex mengatakan, jajaran pemerintah desa dan kecamatan diminta melaporkan kasus suspect pneumonia berat yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri di Dinas Kesehatan Musi Banyuasin.

"Lalu camat, kepala puskesmas, dan direktur rumah sakit mengamati peningkatan kasus pneumonia yang terjadi di wilayahnya," kata Dodi di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (7/3/2020).

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah (pemda) meminta pihak terkait tersebut mengadakan kerja sama lintas sektor lewat edukasi tentang virus korona dan cara mencegah penularannya.

Kemudian, perlu pengawasan di daerah perbatasan yang menjadi areal masuk keluarnya tenaga kerja asing di bidang perkebunan dan migas. Apalagi pekerja dari negara endemik virus corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Muba Azmi Dariusmansyah, mengingatkan agar puskesmas segera menyosialisasikan instruksi bupati ke klinik swasta di wilayahnya.

"Terutama klinik perusahaan agar bisa bekerja sama dalam mengantisipasi penyebaran dengan memberikan laporan ke dinas kesehatan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal