Kabar Baik, Kuota KUR di Sumsel 2022 Naik Jadi Rp8 Triliun

Antara ยท Rabu, 26 Januari 2022 - 06:30:00 WIB
Kabar Baik, Kuota KUR di Sumsel 2022 Naik Jadi Rp8 Triliun
Alokasi KUR di Sumsel 2022 meningkat. (Foto: Ilustrasi/Ist)

Kondisi ini membuat alokasi KUR senilai Rp4,4 triliun pada 2021 terserap optimal dengan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) di bawah 1,0 persen.

Hal ini juga yang melatari pemerintah untuk menambah alokasi KUR ke Sumsel dengan ketentuan bunga rendah 6 persen dan syarat peminjam harus memiliki usaha.

Dana yang bersumber dari APBN ini diharapkan terserap lebih baik pada 2022 karena sejatinya nilai Rp8 triliun ini masih tergolong rendah jika dibandingkan daerah di Jawa.

“Selama ini KUR banyak terserap di Jawa, rata-rata tiap daerah sampai Rp50 triliun, kalo bisa Sumsel di atas Rp10 triliun pada tahun-tahun mendatang,” kata dia.

Sejauh ini, terdapat dua sektor di Sumsel yang paling banyak dibiayai oleh KUR yakni perdagangan dan pertanian.

Bank Pembangunan Daerah PT Bank Sumsel Babel meminta diberikan alokasi dana senilai Rp2 triliun pada 2022 untuk penyaluran KUR guna merespons tingginya minat masyarakat mendapatkan pinjaman modal dengan bunga rendah.

Direktur Utama PT BSB Achmad Syamsudin mengatakan perusahaannya merujuk pada performa pada 2021 yakni mampu merealisasikan KUR senilai Rp1 triliun.

“Jika dikasih (target KUR,red) Rp1,5 triliun atau Rp2 triliun, kami akan ambil,” ujar dia.

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: