Jelang Pilkada, Bawaslu OKU Luncurkan Kampung Antipolitik Uang dan Hoaks

Widori Agustino · Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:57:00 WIB
Jelang Pilkada, Bawaslu OKU Luncurkan Kampung Antipolitik Uang dan Hoaks
Kampung anti politik uang dan hoax dibentuk Bawaslu OKU jelang Pilkada 2020 (Antara)

BATURAJA, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan Komering ULu (OKU) meluncurkan kampung antipolitik uang dan hoaks. Kampung itu berada di Kelurahan Air Gading, Kecamatan Baturaja Barat, OKU, Sumatera Selatan (Sumsel),

Launching itu ditandai dengan pemukulan ketongan oleh Ketua Bawaslu RI Mochammad Afifuddin didampingi Bawaslu Sumsel dan Bawaslu OKU.

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya mengatakan, dipilihnya Kelurahan Air Gading sebagai kampung antipolitik uang dan hoaks karena dilihat dari segi kehidupan masyarakatnya yang majemuk dan letak geografis Kelurahan yang memiliki banyak pintu masuk.

"Kelurahan air gading ini bisa masuk dari mana saja dan termasuk kampung dengan kemajemukan yang tinggi, sehingga potensi pelanggaran politik uang dan penyebaran hoaks besar kemungkinan terjadi," kata Dewantara, Jumat (7/8/2020).

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, kampung antipolitik uang dan hoaks di OKU ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Sumsel yang melaksanakan Pilkada serentak.

"Ini pertama kali di Sumsel, untuk secara keseluruhan ada beberapa seperti di Riau, Jogjakarta dan daerah timur Indonesia," kata dia.

Dia berharap dengan adanya kampung tersebut, masyarakatnya bisa sama-sama mengawasi jalannya pemilu agar terbebas dari politik uang dan hoax.

"Jangan sampai masyarakat kita tergadai oleh politik uang, jadi mari sama sama kita mengawasi agar tidak ada cela bagi orang yang ingin melakukan politik uang maupun masyarakat agar tidak menerima uang tersebut," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto