Jatuh saat Kabur, Petani di Muratara Tewas Diinjak Gajah

Sindonews.com, Era Neizma Wedya ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 18:56:00 WIB
Jatuh saat Kabur, Petani di Muratara Tewas Diinjak Gajah
Ilustrasi Gajah (Antara)

MURATARA, iNews.id - Seorang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tewas terinjak gajah liar. Korban diketahui bernama Din Pedas alias Din (50) warga Desa Bumi Makmur, Kecamatan Nibung, Muratara.

Kepala Desa Bumi Makmur, Yatno mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, korban bersama warga mendatangi lahan kebun sawit plasma C2.

Di dalam kebun itu ternyata sudah ada satu gajah liar dengan tinggi 3 meter. Gajah itu juga masuk ke perkampungan dan lahan kebun warga yang bersemak.

“Saat korban hendak melihat lebih dekat, ternyata gajah tersebut terkejut sehingga gajah berlari ke arah korban,” kata Yatno.

Yatno menambahkan, saat gajah lari ke arah korban, diduga korban juga ikut lari kemudian terjatuh.

“Diduga kaki gajah menginjak bagian kepala korban,” katanya

Mengetahui hal itu, kata Yatno, dirinya bersama warga langsung mengevakuasi korban ke rumah korban. Gajah tersebut memang diketahui sudah dari pagi berada di lahan dan sekitar permukiman warga.

Yatno mengimbau kapada warga agar berhati-hati dan menjauh dari lokasi kejadian. Pihaknya sudah menghubungi BKSDA untuk penanggulangan permasalahan gajah tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Martialis Puspito mengatakan, gajah yang berada di Kecamatan Nibung itu kemungkinan berasal dari lanskap hutan harapan, Jambi.

Meski begitu, dirinya dan tim BKSDA masih mencari tahu gajah itu berasal dari mana.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: