Gajah yang Serang Anggota TNI hingga Tewas Ternyata sedang Birahi

Antara ยท Minggu, 08 Maret 2020 - 15:10 WIB
Gajah yang Serang Anggota TNI hingga Tewas Ternyata sedang Birahi
Dua gajah sumatera mencari makan di Padang Sughan, Sebokor, Kabupaten OKI, Sumsel. Pada 4 Maret 2020 lalu, satu gajah mengamuk dan menginjak seorang anggota Babinsa hingga tewas di wilayah OKI. (Foto: Dok Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Seorang anggota TNI di Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) tewas diinjak gajah. Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui jika gajah liar tersebut sedang birahi.

"Dari laporan yang diterima, hal ini terjadi ada indikasi karena gajah itu kalah bertarung sementara gajah ini sedang birahi," kata Gubernur Sumsel Herman Deru kepada wartawan, Minggu (8/3/2020).

Herman menambahkan, karena kalah bertarung dan sedang birahi, gajah itu keluar dari habitatnya dan masuk ke permukiman warga dan mengamuk.

"Gajah tersebut keluar dari habitatnya yang berada di kawasan Padang Sujian," kata dia.

Hal ini diaminkan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel Genman Suhefti Hasibuan. Menurutnya, gajah yang dalam masa berahi biasanya mengamuk saat mengalami gangguan.

"Pada masa berahi gajah akan melawan siapapun yang membuatnya merasa terganggu atau terancam. Hal itu pula yang mungkin terjadi pada satu gajah yang masuk ke Desa Banyubiru," katanya.

Seperti diketahui, seekor gajah masuk dan mengamuk di Desa Banyubiru, Kecamatan Air Sugihan, OKI, Rabu (4/3/2020). Dalam peristiwa itu, seorang anggota TNI, Sersan Kepala (Serka) Anumerta Iskandar Zulkarnain gugur karena diinjak gajah.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto