Jambret Ponsel Pelajar, Pemuda di Palembang Babak Belur Dikeroyok Warga

Guntur ยท Selasa, 22 September 2020 - 09:11 WIB
Jambret Ponsel Pelajar, Pemuda di Palembang Babak Belur Dikeroyok Warga
Pelaku jambret di Palembang (Guntur/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Nasib sial dialami pelaku penjambretan Abdul Rahman alias Ambon. Ambon dihajar warga usai terjatuh dari sepeda motor saat kabur dari kejaran warga.

Wakapolsek Ilir Timur I Iptu Bernard mengatakan, pelaku Ambon dihakimi warga saat mencoba kabur usai menjambret ponsel milik pelajar. Insiden ini terjadi pada Senin (21/9/2020).

Saat itu, korban sedang menggunakan ponselnya. Tak lama, datang pelaku dan langsung merebut paksa ponsel milik korban. Pelaku kemudian kabur dengan memacu sepeda motornya. Korban yang kaget langsung berteriak.

"Teriakan korban didengar warga. Warga sekitar langsung mengejar pelaku. Saat mencoba kabur sepeda motornya terbalik dan terjatuh di kawasan Bundaran Air Mancur, Palembang," kata Bernard, Selasa (22/9/2020).

Bernard menambahkan, pelaku yang sudah jatuh langsung diamankan dan dihakimi massa sebelum diserahkan ke polisi. Aksi pelaku ini terekam kamera warga. Video itu kemudian diunggah ke media sosial dan menjadi viral.

"Video jambret diamuk massa ini sempat viral dibeberapa media sosial," katanya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku ini merupakan residivis kasus pencurian. Dia pernah dipenjara karena mencuri jok mobil.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa sepeda motor milik pelaku dan ponsel Oppo milik korban.

Sementara itu, di depan polisi, pelaku mengaku dirinya menjambret karena hanya spontan saja.

"Tiba-tiba terlintas di dalam pikiran melihat korban lagi sedang main ponsel dan langsung merampasnya," kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto