Jalur dari Lahat ke Pagaralam Terputus akibat Tanah Longsor

Bala Putra ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 14:26 WIB
Jalur dari Lahat ke Pagaralam Terputus akibat Tanah Longsor
Petugas membersihkan material longsor di Lahat, Sumsel (Bala Putra/iNews)

LAHAT, iNews.id - Banjir bandang dan tanah longsor di beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan mengakibatkan terputusnya akses jalan. Longsor terjadi di Jalan Parekul Desa Pulau Pinang yang merupakan jalan provinsi.

"Akses penghubung Kabupaten Lahat dan Pagaralam di Kecamatan Pulau Pinang untuk saat ini terputus akibat longsor," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).

Sementara itu, kata Marjono, bencana banjir bandang terjadi di wilayah Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang di Kecamatan Pulau Pinang, kemudian di Desa Sukarame dan Ngulam Baru di Kecamatan Gumay Talang, serta Desa Gunung Kembang di Kecamatan Merapi Timur.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Lebat, Longsor dan Banjir Bandang Terjang 3 Kecamatan di Lahat

"Banjir ini juga mengakibatkan jalan nasional penghubung Kabupaten Lahat dan Kabupaten Tebing Tinggi di Kikim Timur terputus," kata dia.

Lebih lanjut Marjono mengatakan, luapan air yang menyebabkan banjir bandang berasal dari Sungai Lematang dan Sungai Kikim.

Sementara itu, salah seorang relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lahat, Yanuar Ardi menyebut ketinggian air di Desa Lubuk Sepang mencapai pinggang orang dewasa yang merendam rumah, kendaraan hingga ratusan hektare sawah.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto