Jadi Polisi Gadungan, Bekas Napi Asimilasi: Saya Dinas di Polda Metro Jaya

Firdaus ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 13:00 WIB
Jadi Polisi Gadungan, Bekas Napi Asimilasi: Saya Dinas di Polda Metro Jaya
Eko kaus hijau ditangkap polisi karena mengaku sebagai anggota Polri alias polisi gadungan (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Eko Saputro (24) hanya bisa menunduk saat digiring polisi ke kantor polisi. Dia ditangkap karena menggasak barang berharga wanita yang dikencaninya di hotel.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kalidoni Ipda Deni Irawan mengatakan, selain menggasak barang berharga, pelaku melakukan penipuan dengan mengaku sebagai anggota Polri.

“Dia menggunakan identitas palsu di media sosial, mengaku sebagai anggota Polri berpangkat Briptu,” kata Deni, Rabu (3/6/2020).

Deni menambahkan, pelaku merupakan narapidana asimilasi Covid-19 yang dibebaskan dari lembaga pemasyarakatan (lapas) Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI).

“Pelaku memasang foto mengenakan pakaian dinas Polri di akun Facebooknya,” kata dia.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku Eko mengatakan jika dirinya mendapat ilmu jadi polisi gadungan dari rekannya yang berada di dalam Lapas Kayuagung.

“Tahu dari teman saat di sel. Kalau ditanya angkatan 31, tugas di Polda Metro Jaya,” kata Eko.

Pelaku ditangkap berdasarkan laporan korban. Dia ditangkap di Hotel pada Selasa malam (2/6/2020). Saat ini, polisi masih melakukan pengembangan kasus, kuat dugaan banyak korban dari kejahatan yang dilakukan oleh Eko.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 Jo 378 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto