Ilmuwan Muda Ini Latih Tikus Jadi Penyelamat Korban Bencana

Berlianto ยท Sabtu, 04 Juni 2022 - 15:47:00 WIB
Ilmuwan Muda Ini Latih Tikus Jadi Penyelamat Korban Bencana
Seorang ilmuwan muda melatih tikus untuk menjadi tim penyelamat korban gempa. (Foto: Ist)

GLASGOW, iNews.id - Seorang ilmuwan muda tengah mmelatih ratusan tikur untuk berbagai tugas penting yang salah satunya penyelamatan korban gempa. Hewan pengerat ini dilatih untuk menggapai korban yang terjebak di reruntuhan gempa bumi sehingga tim penyelamat dapat berbicara dengan para penyintas. 

Proyek inovatif ini dikerjakan oleh ilmuwan asal Glasgow, Skotlandia, Dr. Donna Kean (33). Ilmuwan muda ini telah tinggal di Morogoro, Tanzania, Afrika Timur, selama satu tahun, bekerja dengan organisasi nirlaba APOPO untuk sebuah proyek bernama Hero Rats. 

Hewan pengerat tersebut akan bekerja di lapangan saat dikirim ke Turki, yang rawan gempa, untuk bekerja sama dengan tim SAR, GAE. “Tikus akan bisa masuk ke ruang kecil untuk mendapatkan korban yang terkubur di puing-puing," kata Donna. 

“Kami belum berada dalam situasi nyata, kami sudah mendapat situs puing-puing tiruan. Ketika kami mendapatkan ransel baru, kami akan dapat mendengar dari mana kami tinggal dan di mana tikus berada, di dalam puing-puing," katanya.

“Kami memiliki potensi untuk berbicara dengan korban melalui tikus,” ujarnya seperti dikutip dari Daily Star, Sabtu (4/6/2022).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: