IDI Palembang: Waspada Gejala DBD Mirip Covid-19

Sindonews, Dede Febriansyah ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 13:56 WIB
IDI Palembang: Waspada Gejala DBD Mirip Covid-19
Ilustrasi pasien DBD (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masih tinggi, mencapai 1.703 kasus. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palembang meminta warga waspada karena gejala penyakit itu hampir sama dengan Covid-19.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palembang, Zulkhair Ali mengatakan, kesamaan gejala yang ditimbulkan dari penyakit DBD dengan gejala penyakit Covid-19 ini diketahui dari hasil pemeriksaan di laboratorium.

“Gejala DBD hampir mirip dengan gejala Covid-19, yakni panas tinggi,” kata Zulkhair, Selasa (23/6/2020).

Zul mengimbau agar para petugas medis untuk waspada dan jangan sampai salah mendiagnosis DBD.

“Kami minta petugas Rumah Sakit dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan jangan sampai salah mendiagnosis DBD," kata Zulkhair.

Untuk mengantisipasi penyakit DBD, kata Zulkhair, pihaknya juga meminta masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran penyakit DBD, karena Sumsel merupakan kasus tertinggi DBD di tingkat Nasional.

"Untuk mengantisipasi penyakit DBD harus tetap melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menerapkan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur," kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Sumsel, Mulyono mengatakan, kasus DBD di Sumsel mencapai ribuan. Kasus ini terjadi sejak awal tahun 2020 hingga Mei 2020 di 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

“Dari ribuan kasus yang tercatat ada tiga orang meninggal dunia yang berasal dari Kabupaten Muara Enim, Banyuasin dan Muratara," kata dia.

Mulyono menambahkan, dari jumlah itu, data tertinggi kasus DBD ada di kota Palembang dengan 360 kasus. Mulyono mengimbau agar masyarakat di Sumsel waspada dan hati-hati dengan DBD.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto