Hari Pertama Penerapan Sanksi Prokes, 47 Warga Palembang Terciduk Tak Pakai Masker

Antara ยท Kamis, 17 September 2020 - 14:13:00 WIB
Hari Pertama Penerapan Sanksi Prokes, 47 Warga Palembang Terciduk Tak Pakai Masker
Warga Palembang yang tak pakai masker dihukum push up (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Petugas gabungan di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar razia masker. Hasilnya, puluhan warga Palembang terjaring razia masker pada hari pertama pemberlakuan sanksi pelanggaran protokol kesehatan.

Hari ini, Kamis (17/9/2020) merupakan hari pertama permbelakuan sanksi dari Peraturan Wali Kota Palembang Nomor 27 Tahun 2020.

Razia itu menyasar ke 18 kecamatan, terutama lokasi-lokasi yang pernah memunculkan klaster Covid-19, seperti pasar tradisional dan fasilitas umum.

"Ternyata masih ada masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, ada 47 orang yang terjaring tadi, artinya razia perlu diperketat lagi ke depannya," kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, Kamis (17/9/2020).

Warga yang tidak memakai masker rata-rata dari kalangan remaja dan dewasa serta mayoritas laki-laki. Semuanya harus mengikuti sidang yustisi di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang.

Menurut Ratu Dewa, Perwali Nomor 27 masih harus disosialisasikan lagi ke berbagai wilayah di Palembang karena sebagian warga yang diamankan mengaku belum mengetahui adanya perwali tersebut.

"Memang mulai minggu lalu pemerintah sudah sosialisasikan lewat spanduk, media sosial maupun media massa, tetapi mungkin harus ditingkatkan lagi sosialisasinya agar semua warga tahu," katanya.

Pada hari pertama pemberlakuan sanksi, lanjut Ratu Dewa, para pelanggar masih dari kalangan individu dan belum ada dari institusi maupun sektor usaha.

Menurut Ratu Dewa pemberlakuan sanksi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat diharapkan sejalan dengan upaya menurunkan kasus positif Covid-19 di Palembang.

"Sehingga Pemkot Palembang akan mengevaluasi perwali tersebut pada satu pekan pertama penerapannya," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto