Haji 2022 Tidak Terapkan Sosial Distancing di Pesawat

Widya Michella ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 10:43:00 WIB
Haji 2022 Tidak Terapkan Sosial Distancing di Pesawat
Kemenag putuskan tidak berlakukan sosial distancing pada penerbangan haji 2022. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia kembali akan mengirim jemaah haji setelah ditutup selama dua tahun akibat pandemi. Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan tidak menerapkan sosial distancing dalam penerbangan haji 2022 namun dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. 

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid mengatakan hal ini atas pertimbangan bahwa seluruh jamaah haji telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan dilakukannya PCR sebelum berangkat, sebelum kepulangan, dan setelah tiba di Tanah Air. Serta pelaksanaan karantina sebelum pemberangkatan dan setelah kepulangan.

"Kebijakan tidak menetapkan social distancing dalam penerbangan haji diambil dengan pertimbangan bahwa dari pengalaman pada pelaksanaan ibadah umrah penerbangan tidak menerapkan social distancing," ujar Zainut dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI yang disiarkan secara daring, Kamis (13/1/2022). 

Zainut menyampaikan keputusan ini juga diambil dengan alasan seluruh penumpang sudah dilakukan vaksinasi swab dan karantina. Serta dalam rangka efisiensi biaya penyelenggaraan ibadah haji.

"Mengingat begitu besarnya biaya yang harus ditanggung jemaah haji jika kebijakan social distancing diterapkan," kata dia.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: