Hadapi 7 Pilkada di Sumsel, Polisi Sebar Intel Deteksi Gangguan Kamtibmas

Antara ยท Sabtu, 14 Maret 2020 - 11:33 WIB
Hadapi 7 Pilkada di Sumsel, Polisi Sebar Intel Deteksi Gangguan Kamtibmas
Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.idPolda Sumsel memaksimalkan anggota intelkam untuk mendeteksi dini gangguan Kamtibmas menghadapi Pilkada Serentak 2020 di 7 kabupaten. Anggota Intel ini akan disebar pada titik-titik rawan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto mengatakan, anggota intelkam diharapkan dapat mengetahui sejak dini setiap gerakan yang dapat menimbulkan gangguan tahapan pilkada.

“Sehingga nantinya bisa dilakukan tindakan penanganan secara cepat dan tepat," ujar Kapolda, Jumat (13/3/2020).

Adapun wilayah yang akan menggelar pilkada yakni Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Pali, Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara.

Kapolda mengungkapkan, mulai menyiapkan pola pengamanan yang tepat mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang pemilihan hingga penetapan pasangan bupati/wabup terpilih. Dalam hal ini, aparat juga telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten masing-masing.

"Kami berkoordinasi dengan tujuh pemkab yang akan melaksanakan pilkada. Kami saling tukar informasi mengenai kondisi kamtibmas dan hal apa saja yang perlu diwaspadai," katanya.

Selain itu, aparat juga mengajak wakil rakyat di provinsi setempat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pilkada dalam enam bulan ke depan.

Kemudian tentu dengan meningkatkan sinergisitas dengan jajaran Kodam II - Sriwijaya. Dengan dukungan TNI maka pengamanan pilkada bisa lebih maksimal.

"Kondisi kamtibmas saat ini di tujuh kabupaten yang menggelar pilkada masih kondusif. Kami imbau masyarakat untuk sama-sama menjaga dan jangan sampai terganggu dengan persaingan politik memperebutkan kursi kepemimpinan,” ujar jenderal polisi dua bintang tersebut.


Editor : Donald Karouw